PENGARUH MODEL PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA SMP

Hita, Ni Made Sthiti Nur (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929071005-COVER.pdf

Download (261kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929071005-ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929071005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929071005-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi berprestasi dan hasil belajar merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam setiap mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model problem based e-learning terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa, mendeskripsikan pengaruh model problem based e-learning terhadap motivasi berprestasi, dan mendeskripsikan pengaruh model problem based e-learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang dibagai menjadi 2 (dua), yaitu model problem based e-learning dan model ekspositori e-learning. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII semester ganjil 2021/2022 di SMP Negeri 1 Abiansemal. Sampel dalam penelitian ini adalah 76 orang yang diambil dengan metode random assignment. Data penelitian ini data motivasi berprestasi yang dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu kuesioner motivasi berprestasi dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji Mancova mendapatkan nilai signifikansi 0,000, hal ini menunjukkan nilai sig. lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut berarti terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model problem based e-learning dan ekspositori e-learning. Karena ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi dan hasil belajar, berarti ada pengaruh model problem based e-learning terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar. Kata kunci : model problem based e-learning; model ekspositori e-learning; motivasi berprestasi; hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model problem based e-learning, model ekspositori e-learning, motivasi berprestasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: NI MADE STHITI NUR HITA
Date Deposited: 16 Feb 2022 01:57
Last Modified: 16 Feb 2022 01:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9824

Actions (login required)

View Item View Item