Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola Tahun 2018/2019

DwiPratama, I Made (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1516011074-COVER.pdf

Download (709kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1516011074-ABSTARK.pdf

Download (287kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1516011074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1516011074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1516011074-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1516011074-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1516011074-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011074-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1516011074-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (tru experimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group the same subjec design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Saraswati Seririt Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 247 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas XI MIA 1 sebagai kelompok ekperimen dan kelas XI IIS1 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, observasi dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-tdengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji Independent Sample Test angka signifikansi yang diperoleh adalah 0,000<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar teknik dasar sepak bola antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Pada kelompok ekperimen diperoleh nilai rata-rata 0,50 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 0,36 artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing control sepak bola. Dengan demikian disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif STAD, hasil belajar, sepak bola
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Made Dwi Pratama
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:02
Last Modified: 14 Feb 2020 02:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item