PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK IPA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER II

Narayani, Sri Puja Sathya (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK IPA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VIII SEMESTER II. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071047-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071047-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071047-LAMPIRAN.pdf

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keterbacaan lembar kerja peserta didik elektronik (LKPD elektronik) IPA berbasis masalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate namun, dalam penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian yaitu dua orang ahli Pendidikan IPA untuk uji kevalidan, lima orang guru di SMP Negeri 1 Tembuku untuk uji kepraktisan, dan 10 orang peserta didik kelas VIII semester II di SMP Negeri 1 Tembuku untuk uji keterbacaan. Metode dalam pengambilan data menggunakan teknik angket dengan instrumen yang terdiri atas angket kevalidan, angket kepraktisan, dan angket keterbacaan. Data hasil penelitian ini meliputi karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keterbacaan LKPD elektronik IPA berbasis masalah. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Karakteristik LKPD elektronik IPA yang dikembangkan yaitu (1) LKPD elektronik IPA menyajikan fenomena sehari-hari, (2) disajikan dengan platform Quizizz, (3) dikembangkan dengan pembelajaran berbasis masalah. Tingkat kevalidan LKPD elektronik IPA termasuk dalam kategori kevalidan sangat tinggi dengan skor sebesar 0,90. Tingkat kepraktisan LKPD elektronik IPA tergolong dalam kategori sangat praktis dengan memperoleh rata-rata skor sebesar 4.7. Tingkat keterbacaan LKPD elektronik IPA tergolong sangat terbaca dengan memperoleh rata-rata skor sebesar 4,7. Berdasarkan data hasil penelitian, LKPD elektronik IPA berbasis masalah yang telah dikembangkan layak untuk diujikan ke tahap selanjutnya, yaitu tahap implementasi dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD elektronik, IPA, berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Sri Puja Sathya Narayani
Date Deposited: 16 Feb 2022 08:14
Last Modified: 16 Feb 2022 08:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9851

Actions (login required)

View Item View Item