Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019

Eko, I Gede (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1516011078-COVER.pdf

Download (597kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1516011078-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1516011078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1516011078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1516011078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (PEMBAHASAN)
1516011078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1516011078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1516011078-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan penelitian the randomized pre test-post testcontrol group the same subject design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan jumlah populasi 310 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling berdasarkan kelas. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah XI MIA 2 sebagai kelompok eksperiment dan kelas XI IIS 1 sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes obyektif, dan tes keterampilan menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data rata-rata kelompok eksperimen yaitu 0,31 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 0,25. Dari hasil uji t yang diperoleh adalah 0,003, P<0,05. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Dengan demikian disarankan guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena sudah terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif STAD, hasil belajar, bola voli
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Gede Eko
Date Deposited: 17 Feb 2020 00:15
Last Modified: 17 Feb 2020 00:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item