Yatra, I Wayan Kadik Adnya Vinanta (2022) Dampak Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh dalam Pembelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bebandem. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011051-COVER.pdf Download (671kB) |
|
Text (ABTRAK)
1713011051-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011051-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011051-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011051-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011051-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011051-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011051-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring maupun luring, mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, dan mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bebandem pada tahun pembelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara untuk memperoleh data mengenai proses pembelajaran jarak jauh serta kendalanya, angket yang ditujukan kepada orang tua untuk memperoleh informasi solusi yang diharapkan orang tua siswa, serta pencatatan dokumen untuk prestasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif untuk proses pembelajaran, kendala dan solusi yang diharapkan, serta uji-t untuk membandingkan prestasi siswa. Hasil yang diperoleh adalah proses pembelajaran jarak jauh belum bisa berjalan dengan baik. Kendala yang dihadapi saat proses pembelajaran secara daring yaitu masih ada guru dan siswa mengalami jaringan yang kurang stabil, guru kesulitan dalam hal menilai keterampilan siswa, siswa masih kesulitan memahami materi yang sudah dijelaskan oleh guru. Sementara kendala yang dihadapi saat proses pembelajaran secara luring yaitu siswa kesulitan mencari sumber belajar selain buku yang diperoleh dari sekolah. Rata-rata nilai siswa yang menerapkan pembelajaran jarak jauh secara daring yaitu 67,45 dan rata-rata nilai siswa yang menerapkan pembelajaran jarak jauh secara luring yaitu 67,52. Selanjutnya dengan uji-t diperoleh t_hitung=0,036 lebih kecil daripada t_tabel=1,660 untuk a=5%, dk = 206. Jadi, dapat disimpukan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran secara daring tidak ada perbedaan dengan prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran secara luring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran jarak jauh, daring, luring, prestasi belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | I WAYAN KADIK ADNYA VINANTA YATRA |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 03:42 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 03:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9918 |
Actions (login required)
View Item |