PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS VI SD TEMA 7 (KEPEMIMPINAN)

Suterkas, I Gede Jordi (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS VI SD TEMA 7 (KEPEMIMPINAN). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031180-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031180-ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031180-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031180-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031180-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031180-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031180-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031180-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031180-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dari instrumen kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD tema 7 (kepemimpinan). Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan Borg&Gall dengan beberapa tahap pengembangan yaitu studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap uji lapangan, serta tahap revisi produk. Instrumen yang dikembangkan berupa instrumen HOTS dengan bentuk pilihan ganda. Objek dalam penelitian ini yaitu kualitas dari butir soal HOTS yang dikembangkan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes. Data dianalisis untuk mengetahui validitas isi, validitas butir soal, reliabilitas, daya pembeda soal, serta tingkat kesukara soal. Dari hasil analisis data, validitas isi diuji oleh lima pakar dengan mendapatkan hasil yang relevan dari keseluruhan pakar instrument tersebut, sesuai dengan data yang diperoleh di tiga sekolah hasil uji validitas butir soal memperoleh rata-rata skor sebesar 4,0 masuk dalam kategori baik, uji reliabilitas instrument mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,71 sehingga masuk dalam kategori tinggi, uji daya pembeda instrumen mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,46 sehingga masuk dalam kategori baik, sementara itu uji tingkat kesukaran instrumen mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,52 masuk dalam kategori sedang. Sehingga instrumen kemampuan HOTS pada siswa kelas VI SD tema 7 (kepemimpinan) dinyatakan dapat mengukur kemampuan HOTS siswa dalam memecahkan masalah dan melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Jordi Suterkas
Date Deposited: 17 Feb 2022 00:47
Last Modified: 17 Feb 2022 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9921

Actions (login required)

View Item View Item