The Analysis of 4C Skills Representation in Eleventh Grade Senior Highschool’s English Textbook “Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MK Kelas 11”

GUNAWAN, I MADE AGUS ADI (2022) The Analysis of 4C Skills Representation in Eleventh Grade Senior Highschool’s English Textbook “Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MK Kelas 11”. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929081017-COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929081017-ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (767kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929081017-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis keterampilan 4C apa yang direpresentasikan dalam buku ajar siswa kelas XI SMA dan mengetahui strategi penyisipan keterampilan tersebut, 2) Menganalisis keterampilan dominan keterampilan 4C yang direpresentasikan dalam buku ajar kelas XI SMA, 3) Menganalisis bagaimana 4C keterampilan yang diwakili dalam buku pelajaran Sekolah Menengah Atas Kelas XI. Buku teks yang dianalisis berjudul “Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MK Kelas 11” diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis dokumen. Selain itu, subjek mencakup teks, gambar, dan instruksi yang terkandung dalam buku teks; Selain itu, objek yang diteliti meliputi representasi Keterampilan 4C dalam buku teks yang meliputi keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah. Selain itu, metode dalam pengumpulan data menggunakan metode checklist dan metode mendalam. Data diperoleh melalui metode checklist untuk menandai keterwakilan keterampilan 4C dalam kegiatan buku teks. Kemudian dilanjutkan dengan metode mendalam untuk mengetahui strategi penyisipan keterampilan melalui kegiatan. Representasi keterampilan 4C dapat dilihat melalui instruksi yang diberikan dalam kegiatan di buku teks. Selanjutnya, keterampilan 4C yang dominan dalam buku teks adalah berpikir kritis dan pemecahan masalah muncul pada 59 dari 142 kegiatan (41.55 persen), komunikasi muncul pada 46 kegiatan dari 142 (32.39 persen), kreativitas dan inovasi muncul pada 20 kegiatan dari 142 ( 14.08 persen), dan kolaborasi hanya muncul pada 17 kegiatan dari 142. (11.97 persen). Informasi temuan dapat bermanfaat untuk memberikan wawasan bagi pembuat kebijakan, guru, dan pemangku kepentingan apakah buku teks “Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MK Kelas 11” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah memenuhi integrasi keterampilan 4C. sebagaimana direncanakan oleh BNSP untuk mempersiapkan pendidikan yang terintegrasi dengan tujuan dan aspek pendidikan abad 21.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, analisa buku ajar, keterampilan 4C
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I MADE AGUS ADI GUNAWAN
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:31
Last Modified: 20 Feb 2022 04:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9937

Actions (login required)

View Item View Item