Yuli, Ruth Inez (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 1 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD SWASTA RAHAYU CHANDRA BETANIA SCHOOL KABUPATEN KABANJAHE, SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011019-COVER.pdf Download (589kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011019-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1712011019-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011019-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011019-LAMPIRAN.pdf Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan program Kampus Mengajar 1 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Swasta Rahayu Chandra Betania School Kabupaten Kabanjahe, Sumatera Utara, (2) pelaksanaan program Kampus Mengajar I dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Swasta Rahayu Chandra Betania School Kabupaten Kabanjahe, Sumatera Utara, dan (3) kendalakendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar 1 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar 1 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Swasta Rahayu Chandra Betania School Kabupaten Kabanjahe, Sumatera Utara. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam tahap analisis data, yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada tahap perencanaan, guru dan murid melakukan pembelajaran secara daring dan mahasiswa mempersiapkan rangcangan kegiatan sesuai dengan kurikulum yang digunakan di sekolah, yaitu Kurikulum 2013 (K-2013), (2) Pada tahap pelaksanaan, antusias belajar siswa sangat baik khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Terbukti dari peserta didik sudah memenuhi komponen-komponen utama dari Kurikulum 2013. Selain itu juga prosesnya dapat dilihat dari pengumpulan tugas peserta didik yang mereka kerjakan selalu tepat waktu, dan (3) sehubung dengan kendala yang dihadapi ialah terkait dengan fasilitas penunjang seperti gawai yang terbatas dan faktor orang tua yang tidak selalu dapat mengwasai mereka ketika di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampus Mengajar 1, Bahasa Indonesia, Implementasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ruth Inez Yuli |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 07:51 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 07:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9959 |
Actions (login required)
View Item |