EVALUASI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MTS. AL-KHAIRIYAH

Rohana, Ana (2022) EVALUASI PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MTS. AL-KHAIRIYAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1417011078_COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1417011078_ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1417011078_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1417011078_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1417011078_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1417011078_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1417011078_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1417011078_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1417011078_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar dari rumah selama pandemi covid-19 dalam mata pelajaran IPS kelas VII di MTs. Al-Khairiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs. Al-Khairiyah. Data dikumpulkan dengan kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan model CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar dari rumah selama pandemi covid-19 berjalan dengan efektif meskipun ada beberapa kendala saat proses belajar mengajar. Pada evaluasi context pelaksanaan pembelajaran IPS secara daring (dalam jaringan) yang dilaksanakan di MTs Al-Khairiyah, ditinjau dari 3 aspek evaluasi Context yaitu lingkungan sekolah, pemahaman guru terhadap tujuan pembelajaran, dan kebutuhan siswa terhadap pembelajaran IPS. Lingkungan sekolah sangat di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, meski ada beberapa tempat yang masih menjadi satu. kebutuhan pembelajaran IPS pun sudah terpenuhi, tidak hanya bersumber pada buku pembelajaran IPS saja, tetapi juga pada pemanfaatan media dan lingkungan sekitar. Pada evaluasi Input aspek yang dievaluasi adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru IPS. Dalam pelaksanaannya proses belajar mengajar dalam mata pelajaran IPS di kelas VII telah dilaksanakan sesuai dengan komponen-komponen yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada evaluasi Process, aspek yang dievaluasi adalah pelaksanaan pembelajaran IPS dan suasana dalam proses pembelajaran. Jalannya pembelajaran IPS di MTs. Al-Khairiyah sudah berjalan dengan baik, mulai dari keaktifan siswa, pemberian materi, iklim belajar dibangun antara guru dan siswa, dan guru juga menggunakan media gambar yang dibagikan kepada siswa untuk berdiskusi. Dan pada evaluasi product, aspek yang dievaluasi adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa didapatkan dari tes daring yang dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi informasi jaringan internet, yang dimana tes dapat dilakukan dimanapun selama memiliki akses ke sebuah jaringan internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: belajar mengajar dari rumah, evaluasi, pandemi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: ANA ROHANA
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:17
Last Modified: 21 Feb 2022 01:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9979

Actions (login required)

View Item View Item