Imanuella, Nathasya (2022) ANALISIS POLA ARGUMEN TOULMIN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS XII SEMESTER I KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813031046-COVER.pdf Download (373kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813031046-ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813031046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813031046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813031046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813031046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813031046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813031046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813031046-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menjelaskan pola argumen Toulmin, persentasenya, tingkat ketajaman argumennya dan argumen yang tidak logis pada buku ajar kimia SMA/MA Kelas XII Semester I Kurikulum 2013 dari salah satu penulis dan penerbit tertentu. Jenis penelitian ini adalah analisis dokumen dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini diawali dengan menentukan buku kimia kelas XII yang dianalisis dengan survei, dan dipilih buku kimia kelas XII yang paling banyak digunakan di sekolah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji credibility dengan memperpanjang masa pengamatan, meningkatkan ketekunan dalam penelitian, triangulasi waktu dan triangulasi antar-peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut mengandung pola argumen Toulmin yang terdiri atas pola argumen dengan dua elemen (C-G dan G-C) sebanyak 65,91%, pola argumen dengan tiga elemen (C-W-G, C-G-W, W-G-C, W-C-G, G-C-W, G-W-C, C-G-R, dan Q-C-G) sebanyak 22,40%, pola argumen dengan empat elemen (B-G-W-C, Q-C-G-W, C-W-B-G, C-G-B-W, G-C-W-B, C-G-W-B, G-W-C-B, C-G-W-R, G-W-B-C, C-G-W-Q, C-W-G-B-, G-C-W-R, dan C-R-G-W) sebanyak 11,04%, dan pola argumen dengan lima elemen (C-W-G-B-Q dan G-Q-W-B-C) sebanyak 0,65%. Tingkat ketajaman elemen argumen Toulmin meliputi claim, ground, warrant, backing, qualifier dan rebuttal pada buku tersebut sebagian besar tergolong bagus dan sangat bagus menurut kriteria I-Rubric, dan tergolong tinggi dan sedang menurut kriteria TAP. Argumen yang terdapat pada Bab Reaksi Redoks dan Elektrokimia serta Bab Unsur-unsur Utama dalam Sistem Periodik Unsur memiliki banyak kekurangan dalam menjelaskan claim, sedangkan empat bab lainnya memiliki argumen yang sebagian besar sudah baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola argumen Toulmin, buku kimia, tingkat ketajaman argumen, metode dokumentasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | NATHASYA IMANUELLA |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 09:44 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 09:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10066 |
Actions (login required)
View Item |