Ariani, Luh Putu Dewi (2022) THE USE OF ENGLISH AS MEDIUM OF INSTRUCTION (EMI) FOR TEACHING AND LEARNING PROCESS IN PRIVATE KINDERGARTEN IN SINGARAJA DURING COVID-19 PANDEMIC. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1829081007-COVER.pdf Download (525kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829081007-ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829081007-LAMPIRAN.pdf Download (766kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bahasa Inggris yang digunakan sebagai media pengantar (EMI) dalam proses belajar mengajar selama pandemi di TK Aura Sukma Insani dan untuk menyelidiki masalah guru selama proses mengajar pelajar muda selama pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu studi kasus. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis dokumen. Subyek penelitian ini adalah 3 kelas (dengan 18-21 siswa setiap kelas) di tingkat B (usia 5-7). Wawancara semi terstruktur dengan tiga orang guru dan seorang kepala sekolah sebagai informan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar mengajar dari Brown. Studi ini menemukan bahwa bahasa Inggris sebagai media pengantar (EMI) diterapkan untuk mengajar mata pelajaran tematik. TK Aura Sukma Insani menerapkan blended learning dan menerapkan mode pembelajaran sinkron dan asinkron selama pandemi. Selain itu, untuk mendukung proses belajar mengajar dengan menggunakan EMI, pihak sekolah melibatkan orang tua untuk menjalankan program yaitu, program orientasi dan induksi, serta program refleksi dan tindak lanjut. Selain itu, masalah guru terutama tentang adaptasi, ikatan emosional, alokasi waktu yang terbatas, suasana hati dan fokus siswa, keterampilan dan karakter sosial siswa, persiapan guru, keterlibatan orang tua, kurangnya fasilitas dan keterampilan teknologi dan biaya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English as medium of instruction (EMI), teaching and learning process, young learners, pandemic, teachers’ problem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Luh Putu Dewi Ariani |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 08:46 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 08:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10149 |
Available Versions of this Item
- THE USE OF ENGLISH AS MEDIUM OF INSTRUCTION (EMI) FOR TEACHING AND LEARNING PROCESS IN PRIVATE KINDERGARTEN IN SINGARAJA DURING COVID-19 PANDEMIC. (deposited 21 Feb 2022 08:46) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |