Golden Tritore, Elwaldus (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Sebagai Microlearning Pada Topik Ikatan Ion Sma Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713031018-COVER.pdf Download (618kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713031018-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1713031018-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (959kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713031018-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, dan keterbacaan dari video pembelajaran pada topik ikatan ion. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan sampai pada tahap ketiga, yaitu tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas dan uji keterbacaa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video pembelajaran pada topik ikatan ion yang dihasilkan memiliki karakteristik (1) terdiri dari tiga video singkat yang saling berhubungan antara video satu dengan video lainnya, (2) topik yang dibahas dalam video pembelajaran adalah ikatan ion, (3) dilengkapi dengan link akses soal latihan, LKS, dan materi tambahan yang ditampilkan dalam akhir video. Hasil uji validitas video pembelajaran pada topik ikatan ion dinyatakan sangat valid dari segi isi dengan skor 3,88, sangat valid dari segi bahasa dengan skor 3,58 dan valid dari segi media dengan skor 3,40. Hasil uji keterbacaan video pembelajaran pada topik ikatan ion dinyatakan terbaca jelas dengan skor 3,25. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji keterbacaan dari video pembelajaran yang telah dikembangkan pada topik ikatan ion dapat dikatakan layak untuk diuji kepraktisan dan keefektivitas dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci : video pembelajara, ikatan ion, validitas, keterbacaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : video pembelajara, ikatan ion, validitas, keterbacaan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | ELWALDUS GOLDEN TRITORE |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 01:38 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 01:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10196 |
Actions (login required)
View Item |