Ramadhanti, Ditha (2022) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071019-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071019-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (928kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071019-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul IPA berbantuan Augmented Reality pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi yang valid, praktis dan terbaca. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kebutuhan, angket validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru, dan angket keterbacaan siswa. Subjek dalam penelitian ini meliputi subjek uji validasi yang terdiri atas 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media, uji kepraktisan terdiri atas 5 orang guru IPA dan uji keterbacaan melibatkan 16 orang siswa. Pelaksanaan uji kepraktisan dan uji keterbacaan dilaksanakan di SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli materi memperoleh skor penilaian 4,7 dengan kualifikasi sangat valid, (2) berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media memperoleh skor penilaian 4,2 dengan kualifikasi sangat valid, (3) berdasarkan hasil uji kepraktisan oleh praktisi/guru memperoleh nilai rata-rata 4,74 dengan kualifikasi sangat praktis, (4) berdasarkan hasil uji keterbacaan oleh siswa memperoleh nilai rata-rata 4,5 dengan kualifikasi sangat terbaca. Berdasarkan hasil uji validasi, kepraktisan dan keterbacaan maka Modul IPA berbantuan Augmented Reality pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi dinyatakan valid, praktis dan terbaca untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Abstrak, Modul, ADDIE, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > LT Textbooks Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ditha Ramadhanti |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 13:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 13:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10198 |
Actions (login required)
View Item |