Cahyani, Ni Nyoman Bunga (2022) CLASSROOM LANGUAGE USED BY EFL TEACHER DURING DISTANCE LEARNING: AN ANALYSIS OF CHOICE AND FUNCTION IN SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021121-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021121-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021121-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021121-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021121-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021121-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021121-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021121-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021121-LAMPIRAN.pdf Download (938kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan platform e-learning yang digunakan oleh guru EFL dalam pengimplementasian classroom language yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, serta classroom language choice dan function. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Sawan dengan hanya satu subjek yaitu guru bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) guru EFL di SMP N 2 Sawan memilih WhatsApp dan Google Classroom sebagai platform e-learning, 2) guru menghabiskan sebagian besar waktunya mengajar bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa target. Namun, ketika mengajar bahasa Inggris dalam situasi pandemi, guru juga menggunakan bahasa pertama dan bahasa campuran; 3) guru EFL dominan menerapkan ‘seeking information' sebagai fungsi bahasa kelas terbanyak yang digunakan selama pembelajaran jarak jauh, diikuti dengan explaining, persuade, ordering, evaluating, analyzing, proving/debating, justifying, inferring, dan synthesizing. Peneliti menggunakan teori Chamot dan O'Malley tentang 13 fungsi bahasa kelas sebagai parameter. Sementara itu, guru tidak menggunakan dua fungsi classroom language yakni classifying dan solving problems. Penelitian ini dapat dikembangkan menjadi penelitian yang lebih kompleks bagi peneliti selanjutnya. Studi ini dapat digunakan oleh guru sebagai refleksi dari pilihan bahasa kelas dan implementasi fungsi selama pembelajaran jarak jauh. Pembuat kebijakan juga dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan kegiatan yang dapat menambah wawasan guru tentang penggunaan bahasa kelas khususnya bagi guru SMP di Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Platform online, pilihan bahasa kelas, fungsi bahasa kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Bunga Cahyani |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 05:50 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 05:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10238 |
Actions (login required)
View Item |