PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER OTHER THINKING SKILLS) PADA MATERI EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN SISWA SMA

Mazidah, Baiq Rabiatun (2022) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGHER OTHER THINKING SKILLS) PADA MATERI EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041032_Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041032-ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041032-BAB 1-PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041032-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041032_Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041032-BAB 4-HASIL DAN PEMBHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041032-BAB 5-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041032-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya beda intrumen keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Other Thingking Skills) pada materi ekosistem dan lingkungan siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun pengembangan instrument tidak sampai pada tahap penyebaran (disseminate), mengingat uji lapangan tidak bisa dilakukan pada masa pandemic Covid-19. Subjek penelitian ini adalah lima orang sebagai expert judge yaitu dua pakar dari dosen dan tiga praktisi dari guru. Metode analisis data pada uji validitas menggunakan uji CVR dan CVI. Uji reliabilitas untuk keterampilan berpikir tingkat tinggi materi Ekosistem dan Lingkungan menggunakan rumus KR-21. Hasil penelitian diperoleh adalah tes keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Ekosistem dan Lingkungan. Uji validitas sebelum di uji cobakan kesiswa diperoleh 38 butir soal yang valid (0,8 > 0,6) dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi (0,836). Sedangkan untuk uji coba instrument yang diujikan kepada 36 siswa sampel diperoleh 30 soal yang valid dari 38 butir soal yang diujikan kepada sampel dengan nilai reliabilitas 0,89, sementara indeks kesukaran diperoleh sebanyak 26 (86,67%) soal memiliki indeks kesukaran yang sedang, dan 4 soal (13,33%) soal memiliki indeks kesukaran yang susah. Sebanyak 2 soal (6,67%) memiliki daya beda yang sangat baik, sebanyak 5 soal (16,67%) memiliki daya beda yang cukup, sedangkan 8 sisanya memiliki daya beda yang jelek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Higher Other Thingking Skills, Ekosistem, Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: BAIQ RABIATUN MAZIDAH
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:08
Last Modified: 22 Feb 2022 06:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item