Juliani, Ni Kadek (2022) Pengembangan E-Modul Interaktif pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Numerasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011042-COVER.pdf Download (589kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011042-ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011042-LAMPIRAN.pdf Download (951kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun e-modul interaktif, (2) merumuskan karakteristik e-modul interaktif, (3) mengetahui validitas e-modul interaktif, (4) mengetahui kepraktisan e-modul interaktif, dan (5) mengetahui efektivitas e-modul interaktif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Denpasar. Rancang bangun e-modul yang dikembangkan oleh peneliti terdiri atas bagian pembuka, bagian inti, dan bagian penutup. Bagian pembuka e-modul terdiri atas halaman sampul dan pendahuluan. Selanjutnya, untuk kegiatan inti pembelajaran yaitu kegiatan belajar terdiri atas (1) pengantar pembelajaran, (2) memahami konsep dengan mencermati video pembelajaran, (3) mensimulasikan konsep menggunakan geogebra, (4) melakukan pemecahan masalah SPLDV dalam kehidupan sehari-hari, (5) melakukan diskusi menggunakan media padlet, (6) melakukan latihan soal menggunakan quizizz, dan (7) merangkum materi pembelajaran. Pada kegiatan penutup pembelajaran terdiri atas rangkuman dan daftar pustaka. Uji coba produk dilaksanakan secara terbatas sampai dengan valid, praktis, dan efektif. Prototype final berupa e-modul interaktif yang sudah memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif. Format e-modul interaktif berupa website yang dalam penyebarannya menggunakan link google site. Berdasarkan hasil penilaian diperoleh bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan peneliti sangat valid dengan persentase validitas 88%. Kepraktisan e-modul interaktif yaitu sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 83%. E-modul interaktif yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan numerasi siswa dengan perolehan rata-rata skor gain sebesar 0,72 dengan kategori efektivitas tinggi. Penggunaan e-modul tidak memerlukan keterampilan khusus sehingga semua siswa dapat menggunakan e-modul ini dengan mudah. Karakteristik e-modul interaktif yang dikembangkan yaitu (1) E-modul dilengkapi dengan video pembelajaran interaktif, media pembelajaran geogebra sebagai simulasi dinamik, serta diskusi interaktif, (2) Soal-soal yang termuat sesuai dengan tipe soal AKM sehingga dapat meningkatkan numerasi siswa, (3) Pada latihan soal dan media geogebra yang digunakan sebagai simulasi dinamik memuat langkah-langkah penyelesaian sesuai dengan konsep pembelajaran untuk meningkatkan numerasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Interaktif, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, numerasi, model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Juliani |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 02:51 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 02:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10371 |
Actions (login required)
View Item |