Suarma, Komang (2022) Penggunaan Media Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Housekeeping di Kelas XII Perhotelan 1 SMK Negeri 1 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2015017003-COVER.pdf Download (749kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2015017003-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2015017003-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (264kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2015017003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2015017003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015017003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2015017003-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
2015017003-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2015017003-LAMPIRAN.pdf Download (900kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari permasalahan di kelas XII Perhotelan I SMK Negeri 1 Sawan, dimana hasil belajar siswa masih tergolong rendah yaitu ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 50% dengan rata-rata nilainya mencapai 73,5. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian penerapan media pembelajaran kahoot!. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII Perhotelan 1 SMK Negeri 1 Sawan melalui penerapan media gamifikasi Kahoot! dengan materi pembersihan dan penataan tempat tidur tamu. Jenis penelitiannya ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Jenis datanya adalah data Deskriptif kuantitatif. Pada siklus I di peroleh ketuntasan belajar sebanyak 27 orang siswa yang sudah tuntas (84,375%) dan 5 orang siswa (15%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa siklus I hasil belajar siswa di peroleh rata-rata peserta didik sejumlah 32 orang adalah adalah 73,5. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar Housekeeping dapat meningkat setelah menerapkan media pembelajaran kahoot! di kelas XII Perhotelan I SMK Negeri 1 Sawan. Hasil peningkatan belajar dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik sebelum di ambil tindakan hanya mencapai rata- rata 73,5 dan dalam siklus I ini mengalami peningkatan dengan hasil belajar dengan rata-rata nilai mencapai 87 dari 32 peserta didik. Dengan melihat kriteria keberhasilan dalam penelitian ini mencapai ketuntasan diatas 80% maka penelitian ini hanya dilaksanakan dengan siklus I karena sudah mencapai peningkatan hasil belajar yang sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu mencapai 84, 375%. Kata Kunci: kahoot!, Hasil belajar, Housekeeping
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kahoot!, Hasil belajar, Housekeeping |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Komang Suarma |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 12:36 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 12:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10459 |
Actions (login required)
View Item |