PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH TRANSAKSI JUAL BELI BERDASARKAN SYARIAT ISLAM

Mardiah, Ainul (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH TRANSAKSI JUAL BELI BERDASARKAN SYARIAT ISLAM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051034-COVER.pdf

Download (671kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051034-ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051034-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap penggunaan konten pembelajaran interaktif khususnya pada mata pelajaran Fiqih Transaksi Jual Beli Berdasarkan Syariat Islam untuk kelas X MAN 1 Jembrana. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 1 Jembrana dan juga guru pengampu mata pelajaran Fiqih. Hasil dari perhitungan konten pembelajaran interaktif melalui uji ahli isi serta ahli desain dan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1,00 yang masuk pada kategori sangat valid. Hasil untuk uji efektivitas dengan menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,76 yang masuk dalam kategori interprestasi efektif. Hasil untuk uji kriteria keberhasilan mendapatkan nilai sebesar 100% yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji respon siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 77,83 yang masuk pada kategori sangat praktis dan hasil uji respon guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 45 yang masuk pada kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Fiqih, Transaksi Jual Beli.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ainul Mardiah
Date Deposited: 23 Feb 2022 12:42
Last Modified: 23 Feb 2022 12:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10469

Actions (login required)

View Item View Item