PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN HOT POTATOES UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS XI SMK KESEHATAN VIDYA USADHA

Darma, Gde Satya (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN HOT POTATOES UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS XI SMK KESEHATAN VIDYA USADHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1412061002-COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412061002-ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412061002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412061002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1412061002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1412061002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1412061002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412061002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412061002-LAMPIRAN.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kognitif belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jepang di kelas XI SMK Kesehatan Vidya Usadha dengan menggunakan media pembelajaran Hot Potatoes. Hot Potatoes merupakan software yang terdiri dari 6 macam fasilitas yang bisa digunakan guru untuk membuat latihan-latihan berbasis interaktif. Hot Potatoes sering juga disebut sebagai alat pembuatan bank soal karena aplikasi ini juga digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembuatan soal. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini merupakan 58 siswa kelas XI di SMK Kesehatan Vidya Usadha. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Jepang menggunakan media Hot Potatoes meningkatkan kognitif belajar siswa kelas XI SMK Kesehatan Vidya Usadha. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi kompetensi bahasa Jepang menunjukan skor rata-rata kelompok kelas eksperimen lebih dari skor rata-rata kelompok kelas kontrol sehingga hipotesis nol (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, Hot Potatoes, Media Pembelajaran, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Gede Satya Darma
Date Deposited: 24 Feb 2022 00:57
Last Modified: 24 Feb 2022 00:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item