Devi, Ni Kadek Vilasa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MUATAN IPA MATERI GAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SERONGGA GIANYAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031185-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031185-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (436kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031185-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031185-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031185-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031185-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk merancang media komik pada muatan IPA materi Gaya dan mengetahui kelayakan media media komik pada muatan IPA materi Gaya menurut para ahli dan uji coba produk. Pengujian dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa sebagai subjek uji coba produk yang dikembangkan meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyz, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara dan angket atau kuesioner. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Media komik pada muatan IPA materi gaya dinyatakan layak dari hasil review ahli isi mata pelajaran dengan presentase (93,00%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil review ahli desain pembelajaran dengan memperoleh presentase (97,50%) menyatakan bahwa media komik sangat baik digunakan, hasil review media pembelajaran dengan memperoleh presentase (92,00%) menyatakan bahwa media komik sangat baik digunakan, hasil uji coba perorangan memperoleh presentase (91,60%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok kecil dengan presentase (82,36%) memperoleh kualifikasi baik, dan uji coba lapangan menyatakan bahwa media komik sangat baik digunakan. Dapat disimpulkan bahwa media komik yang telah dikembangkan layak digunakan pada proses belajar mengajar khususnya pada muatan IPA materi gaya siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, komik dan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Vilasa Devi |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 03:37 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 03:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10529 |
Actions (login required)
View Item |