PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 8 MAS GIANYAR TAHUN AJARAN 2021/2022

Sastradewi, Ni Made Putri (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 8 MAS GIANYAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031164-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031164-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031164-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (604kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031164-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031164-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031164-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031164-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031164-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031164-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurang tersedianya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada muatan IPA kelas IV menyebabkan menurunnya hasil belajar dari siswa. Penelitian ini mengembangan multimedia interaktif berbasis problem solving yang sejalan dengan masifnya perkembangan teknologi di era 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk multimedia interaktif berbasis problem solving yang layak digunakan pada muatan IPA di kelas IV. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah model DDD-E yang memiliki 4 tahapan yaitu Decide, Design, Develop, Evaluate. Subyek penelitian pengembangan ini adalah 2 pakar, 3 siswa perorangan, dan 9 siswa kelompok kecil. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, dan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kualifikasi multimedia interaktif yang diciptakan berdasarkan hasil uji coba produk dinyatakan sangat baik dilihat dari hasil review oleh ahli isi mata pelajaran dengan persentase 91,10%, review oleh ahli desain pembelajaran dengan persentase 90%, review oleh ahli media dengan persentase 94,40%, hasil uji perorangan dengan persentase 97,14%, dan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 97,52%. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis problem solving pada muatan IPA siswa kelas IV yang dikembangkan layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Problem Solving, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Putri Sastradewi
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:58
Last Modified: 24 Feb 2022 03:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10534

Actions (login required)

View Item View Item