Laraswati, Ni Made Sinta (2022) META ANALISIS PENGARUH PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729071001-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729071001-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1729071001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (334kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729071001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729071001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729071001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729071001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729071001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729071001-LAMPIRAN.pdf Download (690kB) |
Abstract
Banyaknya studi individu tentang pengaruh model project based e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan hasil yang beragam sehingga perlu dieksplorasi untuk menentukan efektivitas dan menggali karakteristik penelitian dalam variasi hasil studi individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kriteria inklusi dan eksklusi telah ditetapkan, terpilih sebanyak lima belas kajian yang relevan untuk dipelajari lebih lanjut mengenai model project based e-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian meta analisis yang menganalisis artikel ilmiah nasional maupun internasional dengan media digital platform scimagojr, google scholar, mendeley, web of science, sinta ristekdikti, scopus. Adapun tahap-tahap penelitian meta analisis terdiri dari pencarian dan pengambilan artikel, pemfilteran dan penyortiran dan analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian meta analisis adalah lembar pencatatan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari lima belas kajian penelitian yang relevan yang telah diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan dihitung dengan menggunakan meta analisis untuk mengetahui effect size. Analisis hasil-hasil penelitian dilakukan secara keseluruhan, berdasarkan jenjang pendidikan, varibel terikat, variabel bebas, kelompok keilmuwan dan desain penelitian. Dari analisis yang dilakukan penggunaan model project based e-learning berpengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen. Hal ini membuktikan model project based e-learning sangat efektif, dengan rata-rata effect size secara keseluruhan, yaitu 0,632 dengan simpangan baku sebesar 0,795 yang dikategorikan besar. Sehingga model pembelajaran project based e-learning sangat efektif diterapkan pada permasalahan yang kompleks untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hasil efektivitas model project based e-learning tersebut menjadi rekomendasi pengajar dalam memilah penggunaan model pembelajaran inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based learning, e-learning, kemampuan pemecahan masalah, effect size |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Made Sinta Laraswati |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 08:08 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 08:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10541 |
Actions (login required)
View Item |