PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN STEAM PADA MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NO. 3 SIBANGGEDE

Wirawan, I Made Putra (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN STEAM PADA MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NO. 3 SIBANGGEDE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031077-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031077-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (520kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031077-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan dan efektifitas dari media bahan ajar interaktif berbasis pendekatan STEAM pada muatan IPS siswa kelas V SD No. 3 Sibanggede. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan pelaksanan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif meliputi analisis deskriptif kuantitatif, analisis deskriptif kualitatif dan uji t sample dependent. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 25 orang siswa kelas V SD No. 3 Sibanggede. Dalam penelitian ini diperoleh penilaian ahli isi mata pelajaran diperoleh hasil dengan persentase 92,86% dengan kategori sangat baik, hasil ahli desain pembelajaran diperoleh hasil dengan persentase 88,89% dengan kategori baik, hasil ahli media pelajaran diperoleh hasil dengan persentase 95,83% dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan memperoleh hasil persentase 90% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil diperoleh hasil dengan persentase 85,83% dengan kategori baik dan untuk uji lapangan diperoleh hasil dengan persentase 88,2% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik infrensial (uji t) diperoleh hasil rata-rata pre-tes (62) < hal rata-rata post-test (72,6). Setelah dilakukan penghitungan secara manual diperoleh hasil t-hitung sebesar 3. Kemudian harga t-hitung dibandingkan dengan harga tabel dengan db = n-1 = 25 -1 = 24. Sehingga harga t-tabel untuk db 24 dan dengan taraf signifikansi 5% ttabel 1,711. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media bahan ajar interaktif terbukti efektif secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik mata pelajaran IPS pada siswa kelas V di SD No. 3 Sibanggede.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar interaktif, STEAM, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Putra Wirawan
Date Deposited: 17 May 2022 01:26
Last Modified: 17 May 2022 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item