PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE CONNECTED PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Yuniarti, Ni Putu Manda (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE CONNECTED PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031027-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031027-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031027-LAMPIRAN.pdf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media videoscribe connected pada materi volume bangun ruang sisi lengkung untuk minat belajar siswa sekolah dasar yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model 4D dengan tahapan-tahapan yaitu: 1) define, 2) design, 3) development, 4) disseminate. Subjek pada penelitian ini adalah media videoscribe connected. Sedangkan objek pada penelitian ini yaitu validitas, respons guru/praktisi, respons siswa, dan keefektifan media videoscribe connected. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD. Sedangkan objek uji coba pada penelitian ini adalah minat belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuisioner. Instrument yang digunakan untuk mengukur validitas, respons guru/praktisi, respons siswa, dan keefektifan media adalah rating scale yang telah teruji oleh judges dan dinilai oleh 4 orang dosen, 2 orang guru wali kelas VI, 6 orang siswa kelas VI, dan mengukur efektifitas media dilakukan uji coba terhadap 43 sampel siswa kelas VI. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus aiken untuk mengetahui validitas isi media, menggunakan rumus mean untuk mengetahui respons guru/praktisi dan repons siswa, menggunakan alat bantu SPSS dengan teknik one sample t-test untuk mengetahui keefektifan media videoscribe connected. Hasil penelitian memperoleh bahwa skor validitas isi media sebesar 4,9 dengan kualifikasi validitas sangat tinggi, skor rata-rata respons guru/praktisi sebesar 4,9 dengan kualifikasi sangat baik, skor rata-rata respons siswa sebesar 4,8 dengan kualifikasi sangat baik, dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 dengan kesimpulan media videoscribe connected efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran videoscribe connected yang dikembangkan dinyatakan valid dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas VI sekolah dasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, videoscribe connected, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Manda Yuniarti
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:50
Last Modified: 13 Jun 2022 08:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item View Item