Dewi, Komang Ratna (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Scribe Bernuansa Budaya Bali Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1811031279-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031279-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031279-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031279-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031279-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031279-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031279-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031279-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031279-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video scribe bernuansa budaya Bali dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian yaitu video scribe sedangkan objek pengembangan prototype, acceptability, dan efektivitas. Subjek uji efektivitas penelitian yaitu siswa sedangkan objeknya hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes untuk uji efektivitas, rating scale untuk uji kebertrimaan dan respon pengguna media. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil kebertrimaan (acceptability) ahli 0,9, respon guru yaitu 99,3% dan respon siswa yaitu 98,7% seluruhnya dikualifikasikan sangat baik. Sedangkan uji efektivitas media video scribe mendapatkan rata-rata nilai hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Rata-rata nilai sebelum diberikan perlakuan yaitu 69 sedangkan rata-rata nilai 91 setelah diberikan perlakuan dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa kelas V SD setelah belajar menggunakan media Video Scribe bernuansa budaya Bali. Berdasarkan hasil kebertrimaan, respon pengguna dan efektivitas media pembelajaran video scribe sudah layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media1, Video scribe2, Hasil belajar3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Ratna Dewi |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:02 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10738 |
Actions (login required)
View Item |