Suantiani, Ni Made Ayu (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MUATAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS IV SD NEGERI 1 BONGKASA KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031294-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031294-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031294-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (538kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031294-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031294-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031294-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031294-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031294-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031294-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan media pembelajaran berupa video dalam proses pembelajaran daring pada situasi pandemi covid-19 sehingga belum mampu memotivasi siswa saat belajar serta siswa menjadi kesulitan dalam memahami konsep dan penggunaan rumus-rumus materi operasi hitung bilangan bulat pada pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa video berbasis pendekatan kontekstual pada muatan matematika dan sudah diujikan kelayakannya untuk menarik minat siswa serta membantu siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil rancang bangun pengembangan video pembelajaran ini meliputi lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. (2) Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa video pembelajaran layak digunakan berdasarkan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,75%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,5%), (c) hasil review media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,21%), dan (d) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,95%). Berdasarkan uji kelayakan tersebut pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Kontekstual, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayu Suantiani |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:15 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10744 |
Actions (login required)
View Item |