Utama, Ni Luh Ayu Mertasari SItadewi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 28 DANGIN PURI DENPASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031020-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (494kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (514kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031020-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan kelayakan media video animasi berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA materi pelestarian sumber daya alam bagi siswa kelas IV SD Negeri 28 Dangin Puri Denpasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (Analyze), desain (Desain), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation) dikarenakan pada model ini tahapan yang digunakan sistematis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket/kuesioner, sedangkan untuk intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, serta 12 orang siswa kelas IV SD Negeri 28 Dangin Puri. Hasil rancang bangun pengembangan media video animasi animasi berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA materi pelestarian sumber daya alam, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil uji coba produk, meliputi hasil penilaian uji ahli isi materi sebesar 90,00%, hasil penilaian uji ahli desain pembelajaran sebesar 91,66%, hasil penilaian uji ahli media pembelajaran sebesar 92,50%, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 95,16% dan hasil penilaian uji coba kelompok keci; sebesar 90,00% denga kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis kontekstual pada muatan pelajaran IPA materi pelestarian sumber daya alam layak digunakan sebagai media pembelajaran guna membantu kegiatan pembelajaran bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Kontekstual, IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Ayu Mertasari Sitadewi Utama |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:40 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10791 |
Actions (login required)
View Item |