Raditia, I Gede Parmita (2022) PENGEMBANGAN PANDUAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN LITERACY TREE TERHADAP LITERASI SOSIAL DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MUATAN IPS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031146-COVER.pdf Download (617kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031146-ABSTRAK.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031146-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031146-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031146-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031146-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031146-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031146-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031146-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Studi pengembangan ini memiliki tujuan mengembangkan sebuah aktivitas belajar berbantuan literacy tree terhadap literasi sosial dan keahlian metakognitif peserta didik kelas IV SD. Studi ini mempergunakan pemodelan 4-D yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), serta penyebaran (disseminate). Studi ini mengambil subjek kegiatan belajar berbasis media pembelajaran literacy tree terhadap literasi sosial dan kemampuan metakognisi. Objeknya ialah validitas aktivitas belajar berbantuan media pembelajaran literacy tree yang dikembangkan. Studi ini mengambil sampel sebanyak 50 siswa. Rumus mean dipergunakan untuk mencari rerata nilai validitas isi aktivitas pembelajaran senilai 4,48 berpredikat sangat baik. Aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran literacy tree dinyatakan valid serta layak dipergunakan untuk aktivitas belajar kelas IV SD. Hasil pengujian menunjukkan bahwasanya secara simultan dan secara parsial ada perbedaan secara signifikan belajar berbantuan media pembelajaran literacy tree pada kelas eksperimen serta yang tidak ikut aktivitas belajar berbantuan media pembelajaran literacy tree pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Pembelajaran, IPS, Kemampuan Metakognitif, Literasi Sosial, Literacy Tree, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Parmita Raditia |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:16 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10799 |
Actions (login required)
View Item |