Adywinata, I Kadek Surya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MUATAN PELAJARAN PPKN MATERI HAK, KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD NEGERI 28 DANGIN PURI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031088-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031088-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031088-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (517kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031088-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031088-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031088-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031088-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031088-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031088-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran komik digital berbasis pendidikan karakter bermuatan materi hak, kewajiban dan tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri 28 Dangin Puri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan 12 orang siswa kelas V SD Negeri 28 Dangin Puri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kegiatan observasi, wawancara tidak terstruktur dan angket/kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui penilaian validator, produk pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter ini memperoleh skor sebesar 97,50% dengan kualfikasi sangat baik oleh ahli isi materi, hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 97,50% dengan kualfikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 97,50% dengan kualfikasi sangat baik, hasil dari uji coba perorangan sebesar 92,50% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 95,27% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi produk, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis pendidikan karakter bermuatan materi hak, kewajiban dan tanggung jawab layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Digital, Pendidikan Karakter, PPKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Surya Adywinata |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10809 |
Actions (login required)
View Item |