Implementing Hyperlink PowerPoint Media for Teaching English as a Foreign Language at Junior High School

Prayoga, Kadek Agus (2022) Implementing Hyperlink PowerPoint Media for Teaching English as a Foreign Language at Junior High School. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021068-COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021068-ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (512kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021068-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021068-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021068-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media digital yaitu Hyperlink PowerPoint dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Rancangan penelitian yang di gunakan adalah Mix method yaitu kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Sukasada dengan 2 sample yaitu kelas VIIA dan VIID. Penelitian ini menggunakan tipe a post-test only control group design type. Skenario pengambilan data adalah satu kelas (experiment group) akan di berikan treatment dengan menggunakan media digital Hyperlink PowerPoint, sedangkan satu kelas lainnya (control group) akan di ajar menggunakan metode konvensional. Setelah beberapa kali pertemuan, kedua kelas diberikan post-test. Hasil post-test kemudian di analisis menggunakan IBM SPSS 23 untuk melakukan uji T-test dan juga size effect test untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan antara kedua sample. Hasil temuan pada penelitian ini adalah (1) Hasil dari T-test menunjukkan jika efek dari treatment menggunaan media Hyperlink PowerPoint memberikan hasil yang signifikan terhadap sisswa pada group experiment, besar perbedaan di ukur menggunakan size effect Cohen's menunjukkan angka 0.051 atau masuk kategori moderate. (2) Hasil kuisioner menunjukkan hasil yang positif yaitu: pertama seluruh sampel dalam experiment group setuju dengan penggunaan media Hyperlink PowerPoint. Kedua, walaupun ada 2 hambatan dalam proses implementasi, kegiatan dapat berdalan dengan lancar. Ketiga setelah melihat perbedaan signifikan yang di temukan, penggunaan media berbasis Hyperlink PowerPoint layak untuk di lanjutkan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keyword1 media pembelajaran digital, keyword2 hyperlink powerpoint, keyword3 kelompok experiment–kelompok control
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Agus Prayoga
Date Deposited: 30 Jun 2022 07:24
Last Modified: 30 Jun 2022 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item