Juliartawan, I Gusti Ngurah Kade Angga (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KIT WALEK UNTUK KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031112-COVER.pdf Download (588kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031112-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031112-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031112-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031112-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031112-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031112-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031112-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031112-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi peserta didik di SD, serta pemanfaatan budaya pada kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Penelitian pengembangan ini memiliki lima tujuan, yaitu: (1) menghasilkan prototype media KIT WALEK, (2) menganalisis validitas isi media KIT WALEK, (3) menganalisis respon guru terhadap media KIT WALEK, (4) menganalisis respon siswa terhadap media KIT WALEK, dan (5) menganalisis efektivitas media KIT WALEK terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas IV SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Studi ini mengambil subjek media KIT WALEK, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, respon pengguna, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket/kuisioner, dan studi dokumen. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, lembar angket/kuisioner, dan lembar studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) media KIT WALEK yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,98 dengan kualifikasi validitas isi sangat tinggi, (2) tingkat pencapaian respon guru terhadap media KIT WALEK adalah sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik, (3) tingkat pencapaian respon siswa terhadap media KIT WALEK adalah sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media KIT WALEK efektif guna menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KIT WALEK, Komunikasi, Media, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 00:44 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 00:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10851 |
Actions (login required)
View Item |