Mukammalah, Nurunnisa’atun (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEMESTER GENAP DI MADRASAH IBTIDAIYAH TA’RIFUL FUAD CELUKAN BAWANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021005-COVER.pdf Download (661kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021005-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021005-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan produk modul elektronik (E-modul), dan untuk mendeskripsikan validitas modul elektronik (E-modul) berbasis problem based learning pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V, menurut para ahli dan, uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan produk modul elektronik (E-modul) berbasis problem based learning pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) pengembangan modul elektronik (E-modul) berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dinyatakan valid melalui : (a) hasil Review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,47%), (b) hasil Review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (c) hasil Review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,73%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (95,53%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,53%). Secara umum hasil penelitian menunjukan modul elektronik (E-modul) berbasis problem based learning pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam valid dengan kualitas dangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar modul elektronik (E-modul) ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, problem based learning, pengembangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Nurunnisa'atun Mukammalah |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:59 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10906 |
Actions (login required)
View Item |