Pranata, I Dewa Agung Alit (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK VIRTUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MUATAN IPS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BUNGBUNGAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031124-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031124-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031124-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (558kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031124-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) Merancang media pembelajaran komik virtual muatan IPS materi keberagaman budaya, (2) Mengetahui kelayakan dari media pembelajaran komik virtual muatan IPS materi keberagaman budaya menurut para ahli dan uji coba produk. Kelayakan media pembelajaran komik virtual dilakukan dengan melakukan pengujian dari tiga pakar ahli yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non tes dengan instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner/angket dengan skala likert 4. Media pembelajaran komik virtual muatan IPS materi keberagaman budaya dikatakan layak dengan hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media pembelajaran komik virtual sangat baik dengan persentase (91,6%), hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan media pembelajaran komik virtual sangat baik dengan persentase (100%), hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan media pembelajaran komik sangat baik dengan persentase (98,8%), hasil uji perorangan menunjukkan media pembelajaran komik virtual sangat baik dengan persentase (97,2%), dan hasil uji kelompok kecil menunjukan media pembelajaran komik virtual sangat baik dengan persentase (95,3%). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, maka media pembelajaran komik virtual yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk membelajarkan materi IPS dalam muatan materi keberagaman budaya kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik Virtual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dewa Agung Alit Pranata |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 03:40 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 03:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10934 |
Actions (login required)
View Item |