Suwastini, Ni Made Sinta (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MUATAN MATERI EKOSISTEM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD 3 KEDONGANAN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031195-COVER.pdf Download (571kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031195-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031195-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031195-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031195-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031195-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031195-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031195-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031195-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun LKPD Interaktif dan mengetahui kelayakan LKPD Interaktif menggunakan pendekatan saintifik dalam muatan materi ekosistem pembelajaran IPA siswa kelas V SD 3 Kedonganan Badung. Penelitian menggunakan materi ekosistem. Pendekatan saintifik yang memiliki 5 langkah diantaranya: mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu kuesioner dan wawancara. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran dan 15 peserta didik untuk uji coba produk. Hasil penelitian ini yaitu (1) rancang bangun LKPD interaktif menggunakan pendekatan saintifik menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (a) analyze, (b) design, (c) development, (d) implementation dan (e) evaluation). (2) rancangan LKPD interaktif menggunakan pendekatan saintifik dinyatakan layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,42%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90,90%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi baik (88,23%), (d) hasil uji perorangan dari peserta didik dengan kualifikasi sangat baik (90,33%) dan Hasil uji kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (90,33%). Berdasarkan uji kelayakan tersebut pengembangan LKPD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD Interaktif, Ekosistem dan Saintifik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sinta Suwastini |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:48 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10994 |
Actions (login required)
View Item |