Ardiani, Ni Kadek Emi (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUMBER ENERGI PADA MUATAN IPA BERORIENTASI TEORI BELAJAR AUSUBEL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIBANGKAJA BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031258-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031258-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031258-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031258-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031258-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031258-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031258-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031258-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031258-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses rancang bangun dari produk multimedia interaktif sumber energi berorientasi teori belajar ausubel berorientasi teori belajar ausubel muatan IPA, (2) mengetahui hasil validasi multimedia interaktif menurut hasil review para ahli, uji coba. Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket/kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (a) hasil penilaian dari ahli isi materi pelajaran memperoleh hasil persentase 94,64 dengan kategori sangat baik, (b) hasil penilaian dari ahli desain instruksional memperoleh hasil persentase 94,23 dengan kategori sangat baik, (c) hasil penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 94,12 dengan kategori sangat baik. (d) hasil penilaian produk dari uji perorangan memperoleh 93,33 dengan kategori sangat baik. (e) hasil penilaian produk dari uji kelompok kecil memperoleh 97,50 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli serta uji perorangan, maka dapat diputuskan bahwa multimedia interaktif ceria untuk muatan materi sumber energi valid digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 1 Sibangkaja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, IPA, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Emi Ardiani |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10997 |
Actions (login required)
View Item |