Maharani, Luh Putu Setya (2022) PENGEMBANGAN DIGITAL CULTURE BASED STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT NUSANTARA (DICTOR CAKSANTA) UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031169-COVER.pdf Download (783kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031169-ABSTRAK.pdf Download (557kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031169-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (640kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031169-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031169-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031169-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031169-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031169-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (599kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031169-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan prototype multimedia DICTOR CAKSANTA untuk membentuk karakter siswa sekolah dasar, (2) menghasilkan multimedia DICTOR CAKSANTA yang telah teruji validitas isinya, (3) menghasilkan multimedia DICTOR CAKSANTA yang telah teruji respon gurunya, (4) menghasilkan multimedia DICTOR CAKSANTA yang telah teruji respon siswanya, dan (5) menghasilkan multimedia DICTOR CAKSANTA yang telah teruji efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, rating scale, dan angket. Hasil penelitian pegembangan ini berupa (1) DICTOR CAKSANTA merupakan kependekan dari digital culture based storytelling berbasis cerita rakyat nusantara yang dikemas menjadi sebuah multimedia digital untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. DICTOR CAKSANTA diproses dengan menggabungkan beberapa objek, seperti gambar, teks, video, grafik, dan musik yang dikemas menjadi sebuah multimedia berupa video, (2) tingkat validitas isi multimedia DICTOR CAKSANTA mendapatkan hasil 0,9 sehingga dinyatakan validitas isi tinggi, (3) hasil analisis respon guru terhadap multimedia DICTOR CAKSANTA mendapatkan hasil rata-rata 100% sehingga dinyatakan validitas sangat baik, (4) hasil analisis respon siswa terhadap multimedia DICTOR CAKSANTA mendapatkan hasil rata-rata 88% sehingga dinyatakan validitas baik, (5) hasil analisis efektivitas multimedia DICTOR CAKSANTA memperoleh hasil 0,000 < 0,05, artinya produk signifikan terhadap pembentukan karakter siswa kelas IV B SD Negeri 8 Banjar Anyar setelah belajar menggunakan multimedia DICTOR CAKSANTA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Digital, Culture Based Storytelling, Cerita Rakyat Nusantara, Karakter, DICTOR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Setya Maharani |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 01:37 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 01:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11122 |
Actions (login required)
View Item |