Astarini, Made Harum (2022) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Scaffolding pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011020-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011020-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011020-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran abad 21 mengedepankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan tidak semata mengutamakan kecerdasan kognitif, namun juga penguasaan keterampilan yang bermanfaat untuk bersaing di era ini. Merujuk pada hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berupa E-LKPD berbasis scaffolding dengan bantuan Liveworksheet pada materi Barisan dan Deret Aritmatika sebagai solusi dalam penyediaan bahan ajar yang berorientasi pada tuntutan pembelajaran abad 21. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang dalam penelitian ini hanya terbatas sampai pada tahap uji coba terbatas untuk mengetahui kriteria validitas dan kepraktisan dari bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan uji validitas media oleh 2 validator, diperoleh rata-rata persentase validitas 97%, dan uji validitas materi oleh 2 validator memperoleh rata-rata persentase validitas 88%. Selain itu, dari hasil uji coba terbatas kepada pendidik dan peserta didik SMA Negeri 1 Negara kelas XI dalam mengetahui tingkat kepraktisan juga memperoleh hasil persentase kepraktisan 100% untuk angket respon pendidik dan 87% untuk angket respon peserta didik. Dengan demikian, disimpulkan bahwa E-LKPD interaktif berbasis scaffolding pada materi Barisan dan Deret Aritmatika kelas XI memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan dengan implikasi bahan ajar yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar selama pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, bahan ajar interaktif, scaffolding |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Made Harum Astarini |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:11 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11127 |
Actions (login required)
View Item |