PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PAPAN MONOPOLI BERBASIS KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA MUATAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KERAMBITAN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Riskiani, Made Ayu Diah Permata (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PAPAN MONOPOLI BERBASIS KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA MUATAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KERAMBITAN TABANAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031276-COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031276-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031276-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031276-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031276-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031276-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031276-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031276-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031276-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini didasari oleh latar belakang karena guru hanya menggunakan metode ceramah, kurangnya penanaman nilai karakter peduli sosial pada diri siswa, serta kurangnya media pembelajaran yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar di kelas, sesuai dengan kebutuhan dalam mengatasi permasalahan proses pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS dirasa perlu adanya suatu inovasi baru dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik minat siswa, efektif, dan efisien dalam pemanfaatannya, sehubungan dengan hal tersebut dipandang perlu untuk mengembangkan media permainan papan monopoli. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui rancang bangun model permainan papan monopoli berbasis karakter peduli sosial pada muatan materi IPS untuk siswa kelas IV, dan (2) Untuk mengetahui kelayakan model media permainan papan monopoli berbasis karakter peduli sosial pada muatan mater IPS untuk siswa kelas IV. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Dalam metode ini digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi, dan kuesioner. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Media permainan papan monopoli ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli isi pembelajaran 77,5% dengan kualifikasi baik, uji ahli desain pembelajaran 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran 96,15% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Media Permainan Papan Monopoli Berbasis Karakter Peduli Sosial ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada Muatan Materi IPS untuk Kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media permainan papan monopoli, berbasis karakter peduli sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Ayu Diah Permata Riskiani
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:02
Last Modified: 14 Jul 2022 02:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item