PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL BALI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V S

Prayoga, Putu Sandhita (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL BALI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V S. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029042021-Cover.pdf

Download (489kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042021-Abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042021-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042021-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042021-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042021-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042021-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042021-Daftar Pustaka.pdf

Download (479kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042021-Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Pembelajaran Interaktif Bermuatan Kearifan Lokal Permainan Tradisional Bali Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD yang valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner/angket validasi dan kepraktisan, serta tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) Multimedia Pembelajaran Interaktif Bermuatan Kearifan Lokal Permainan Tradisional Bali Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone. (2) Persentase tingkat pencapaian validitas dan kepraktisan berdasarkan uji coba yaitu: (a) Ahli media pembelajaran sebesar 95,79% dengan kualifikasi "Sangat Valid dan Layak digunakan"; (b) Ahli isi/konten pembelajaran tematik SD yaitu sebesar 93,85% dengan kualifikasi "Sangat Valid dan Layak digunakan"; (c) Uji coba oleh praktisi yaitu sebesar 97,33% dengan kualifikasi "Sangat Praktis dan Menarik"; (d) Uji coba oleh siswa sebesar 98,33% dengan kualifikasi "Sangat Praktis dan Menarik". (3) Berdasarkan perhitungan hasil pretes dan postes dengan uji-t sampel berkorelasi diketahui bahwa rata-rata nilai pretes sebesar 11,52 dan postes sebesar 15,89 dengan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif Bermuatan Kearifan Lokal Permainan Tradisional Bali Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Sandhita Prayoga
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:21
Last Modified: 14 Jul 2022 08:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11313

Actions (login required)

View Item View Item