Prayoga, Putu Sandhita (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL BALI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V S. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029042021-Cover.pdf Download (489kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029042021-Abstrak.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042021-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042021-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042021-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042021-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042021-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042021-Daftar Pustaka.pdf Download (479kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029042021-Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Pembelajaran Interaktif Bermuatan Kearifan Lokal Permainan Tradisional Bali Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD yang valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar tematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner/angket validasi dan kepraktisan, serta tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini adalah (1) Multimedia Pembelajaran Interaktif Bermuatan Kearifan Lokal Permainan Tradisional Bali Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone. (2) Persentase tingkat pencapaian validitas dan kepraktisan berdasarkan uji coba yaitu: (a) Ahli media pembelajaran sebesar 95,79% dengan kualifikasi "Sangat Valid dan Layak digunakan"; (b) Ahli isi/konten pembelajaran tematik SD yaitu sebesar 93,85% dengan kualifikasi "Sangat Valid dan Layak digunakan"; (c) Uji coba oleh praktisi yaitu sebesar 97,33% dengan kualifikasi "Sangat Praktis dan Menarik"; (d) Uji coba oleh siswa sebesar 98,33% dengan kualifikasi "Sangat Praktis dan Menarik". (3) Berdasarkan perhitungan hasil pretes dan postes dengan uji-t sampel berkorelasi diketahui bahwa rata-rata nilai pretes sebesar 11,52 dan postes sebesar 15,89 dengan nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif Bermuatan Kearifan Lokal Permainan Tradisional Bali Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Putu Sandhita Prayoga |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 08:21 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 08:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11313 |
Actions (login required)
View Item |