Sari, Ni Kadek Ria Anggita (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPINNER WORD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NO. 9 BENOA KABUPATEN BADUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031247-COVER.pdf Download (816kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031247-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031247-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (299kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031247-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031247-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031247-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031247-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031247-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (499kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031247-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan dilakukan untuk mengembangkan sebuah produk Media Pembelajaran Spinner Word. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Pembelajaran Spinner Word pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III dan (2) mengetahui validitas Media Pembelajaran Spinner Word pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan diantaranya (analyze, design, development, implementation, evaluation). Penelitian terbatas sampai pada tahap uji coba perorangan, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian yaitu metode non tes dengan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan meliputi hasil (1) deskriptif proses pengembangan Media Pembelajaran Spinner Word. (2) Media Pembelajaran Spinner Word dinyatakan valid berdasarkan penilaian dari ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar (90,90%) dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar (85%) dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar (90,62%) dengan kualifikasi sangat baik dan penilaian siswa melalui uji coba perorangan dengan tiga orang siswa memperoleh persentase sebesar (91,66%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Spinner Word pada Muatan Bahasa Indonesia valid digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | spinner word, kontekstual, bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Ria Anggita Sari |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:13 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11360 |
Actions (login required)
View Item |