SUANTARA, I GUSTI BAGUS ARI SETIA (2022) PENERAPAN METODE PENELITIAN DRILL BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIKUM AKUNTANSI SISWA XI AKUNTANSI II SMK NEGERI 1 SERIRIT TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1817011013_COVER.pdf Download (975kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1817011013_ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1817011013_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1817011013_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1817011013_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1817011013_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1817011013_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1817011013_LAMPIRAN.pdf Download (910kB) |
Abstract
Pembelajaran akuntansi memerlukan pemahaman tentang konsep dan tahapan di setiap materinya. Pemilihan metode harus diperhatikan agar bisa mencapai tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran akuntansi di kelas XI Akuntansi II sebelum tindakan adalah metode diskusi sedangkan belajar akuntansi tidak hanya mempelajari teorinya saja. Kurangnya latihan-latihan soal yang diberikan kepada siswa yang membuat siswa tidak memahami konsep dan tahapan di setiap materi yang menyebabkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik praktikum akuntansi siswa kelas XI Akuntansi II masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran drill dalam meningkatkan hasil belajar praktikum akuntansi siswa SMK Negeri 1 Seririt. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di kelas XI Akuntansi II dengan menggunakan analisis statistic deskriptif untuk menggambarkan hasil belajar praktikum akuntansi siswa XI Akuntansi II. Siswa kelas XI Akuntansi II berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 3 pertemuan di setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklusnya. Pada siklus pertama diperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif sebesar 81,81% meningkat 3,85% dari prasiklus dan ketuntasan klasikal psikomotorik sebesar 72,72% meningkat 41,18%. Siklus kedua dengan berbantuan media pembelajaran video untuk mengatasi kendala yang terjadi di siklus pertama diperoleh tingkat ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif diperoleh sebesar 90,90% meningkat 11,11% dari siklus pertama dan ketuntasan klasikal psikomotorik diperoleh 87,87% meningkat 20,83% dari siklus pertama. Hasil penelitian telah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga penelitian dihentikan sampai siklus kedua dan tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran drill berbantuan media pembelajaran video dapat meningkatkan hasil belajar praktikum akuntansi siswa SMK Negeri 1 Seririt.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, Metode Pembelajaran Drill, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | I Gusti Bagus Ari Setia Suantara |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 08:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 08:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11405 |
Actions (login required)
View Item |