Suantini, I Gusti Ayu Ketut Ari (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KREATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1811031314-COVER.pdf Download (896kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031314-ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031314-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031314-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031314-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031314-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031314-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031314-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031314-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul elektronik bergambar dan mengetahui pengaruhnya terhadap karakter kreatif muatan pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian yaitu Modul Elektronik sedangkan objek pengembangan, prototype, validitas dan efektivitas. Subjek uji efektivitas penelitian yaitu siswa sedangkan objeknya karakter kreatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi untuk uji efektivitas, rating scale untuk uji validitas media. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil validitas ahli media 4,8, ahli materi 4,9 dan respon praktisi (guru) yaitu 5 seluruhnya dikualifikasikan sangat baik. Sedangkan uji efektivitas modul elektronik bergambar mendapatkan rata-rata nilai setelah diberikan perlakuan sebesar 90,3 dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan karakter kreatif siswa kelas IV SD setelah belajar menggunakan modul elektronik bergambar. Berdasarkan rata-rata validitas, respon pengguna (guru) dan efektivitas, modul elektronik bergambar sudah layak untuk digunakan. Kata kunci: Modul Elektronik, Bergambar, Karakter Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik1, Bergambar2, Karakter Kreatif3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Ketut Ari Suantini |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:48 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11417 |
Actions (login required)
View Item |