Syajuananda, Damba Putri (2022) SURVEI PENGETAHUAN GURU MENGENAI TINDAKAN BULLYING DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN DENPASAR BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061018-COVER.pdf Download (681kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061018-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (475kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (647kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061018-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru mengenai sembilan dimensi tindakan bullying di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Denpasar Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK di Kecamatan Denpasar Barat sebanyak 306 guru. Pengambilan sampel digunakan teknik Accidental Sampling dan diperoleh sampel sebesar 75 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket yang mengacu pada skala ukur dari Olweus (1993) dan Teacher Inventory of Skills and Knowledge (TISK) yang disusun Newman, et al (2004). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46% responden memiliki pengetahuan sangat tinggi mengenai bullying, 15% responden memiliki pengetahuan tinggi mengenai bullying, 17% responden memiliki pengetahuan sedang mengenai bullying, 19% responden memiliki pengetahuan rendah mengenai bullying, dan 3% responden memiliki pengetahuan sangat rendah mengenai bullying. Analisis setiap dimensi pengetahuan menunjukkan bahwa responden yang memiliki pengetahuan sangat tinggi terletak pada dimensi: definisi bullying; bentuk-bentuk bullying; karakteristik pelaku bullying; karakteristik korban bullying; dampak bullying; dan waktu terjadinya bullying, responden yang memiliki pengetahuan tinggi terletak pada dimensi: pencegahan bullying, penanganan bullying, dan responden yang memiliki pengetahuan sedang terletak pada dimensi: karakteristik saksi bullying dan tempat terjadinya bullying. Variasi pengetahuan mengenai tindakan bullying yang dilihat pada setiap dimensi memberikan gambaran terkait titik-titik lemah pendidik dalam memahami fenomena bullying. Hasil penelitian ini dapat memberikan data kepada peneliti selanjutnya maupun perumus kebijakan agar mampu menyasar pada upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru TK mengenai tindakan bullying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengetahuan mengenai bullying, permasalahan perilaku anak, taman kanak-kanak, Teacher Inventory of Skills and Knowledge (TISK) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Damba Putri Syajuananda |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 07:59 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 07:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11453 |
Actions (login required)
View Item |