Doniarta, I Kadek (2022) PENGEMBANGAN PRANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAAN BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011044-COVER.pdf Download (694kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011044-ABSTRAK.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (506kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011044-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan adalah Prangkat Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yaitu sebagai berikut : (1) Tahap (Define), (2) Tahap (Design), (3) Tahap (Develop), (4) Tahap (Disseminate). Penelitian ini melibatkan judges 5 orang ahli dalam bimbingan konseling diantaranya 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 1 Sukasada. Prototype prangkat layanan bimbingan klasikal meliputi RPL, materi layanan, media, LKPD, dan alat evaluasi. Keberterimaan prangkat layanan bimbingan klasikal menemukan hasil perhitungan indeks CVR didapatkan jumblah total skor keseluruhan ∑▒CVR adalah 45, sehingga perhitungan CVI mendapatkan hasil 1. Hasil uji t-test data pada tabel, diketahui nilai probabilitas atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian, efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa, untuk menguji prangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Keberterimaan prangkat layanan bimbingan klasikal merupakan tinggi atau rendahnya penelitian judges terhadap kegunaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy) dari prangkat yang meliputi: RPL, materi layanan, media layanan, LKPD, dan alat evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prototype, keberterimaan, efektifitas layanan bimbingan klasikal, kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | I Kadek Doniarta |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 08:01 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 08:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11456 |
Actions (login required)
View Item |