RAHMAN, MUHAMMAD RAFLI ADITYA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTSN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011059-COVER.pdf Download (309kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011059-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEBAHASAN)
1813011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011059-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah minat siswa dalam belajar matematika yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul interaktif di pembelajaran aritmatika sosial kelas VII yang efektif, valid, serta efektif. Model pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE. Tempat pelaksanaan penelitian di MTsN Karangasem dengan melibatkan subyek penelitian siswa kelas VII sebanyak 138 dan 1 orang guru. E-modul dikemas dalam link berbentuk flipbook yang berisi 3 sub bab, pada setiap sub bab terdapat fitur-fitur yang bersifat interaktif diantaranya adalah pada bagian ayo berlatih, ayo simpulkan, ayo amati, ayo menilai diri dan evaluasi. Uji kelayakan e-modul yang dikembangkan memperoleh hasil sangat valid dan rerata skor yang didapat adalah 4,57 (91,4%),sangat praktis dan rerata skor yang didapat adalah 4,53 (90,6%) dan efektif meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di MTsN Karangasem yang terlihat dari meningkatnya minat belajar siswa yang sebelumnya terkategorikan kurang baik (rata-rata persentase skor 50,24%) menjadi terkategorikan baik (rata-rata persentase skor 73,33%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model ADDIE, e-modul interaktif, minat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Muhammad Rafli Aditya Rahman |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:23 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11608 |
Actions (login required)
View Item |