PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTSN KARANGASEM

RAHMAN, MUHAMMAD RAFLI ADITYA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTSN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011059-COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011059-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEBAHASAN)
1813011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011059-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah minat siswa dalam belajar matematika yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul interaktif di pembelajaran aritmatika sosial kelas VII yang efektif, valid, serta efektif. Model pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE. Tempat pelaksanaan penelitian di MTsN Karangasem dengan melibatkan subyek penelitian siswa kelas VII sebanyak 138 dan 1 orang guru. E-modul dikemas dalam link berbentuk flipbook yang berisi 3 sub bab, pada setiap sub bab terdapat fitur-fitur yang bersifat interaktif diantaranya adalah pada bagian ayo berlatih, ayo simpulkan, ayo amati, ayo menilai diri dan evaluasi. Uji kelayakan e-modul yang dikembangkan memperoleh hasil sangat valid dan rerata skor yang didapat adalah 4,57 (91,4%),sangat praktis dan rerata skor yang didapat adalah 4,53 (90,6%) dan efektif meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di MTsN Karangasem yang terlihat dari meningkatnya minat belajar siswa yang sebelumnya terkategorikan kurang baik (rata-rata persentase skor 50,24%) menjadi terkategorikan baik (rata-rata persentase skor 73,33%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model ADDIE, e-modul interaktif, minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muhammad Rafli Aditya Rahman
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:23
Last Modified: 20 Jul 2022 01:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11608

Actions (login required)

View Item View Item