PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS DEMONSTRASI PADA MUATAN IPA MATERI GERAK BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR

Damayanti, Ni Komang Devi (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS DEMONSTRASI PADA MUATAN IPA MATERI GERAK BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031240-COVER.pdf

Download (745kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031240-ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031240-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031240-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031240-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031240-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031240-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031240-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031240-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan dan menghasilkan media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada muatan IPA materi gerak benda kelas III sekolah dasar yang sudah teruji validitas dan respon siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model 4D dengan tahapan-tahapan yaitu: 1) Pendefinisian (define), 2) Perancangan (design), 3) Pengembangan (develop), dan 4) Penyebaran (disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi dan respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunkaan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner degan memberikan lembar penilaian kepada subjek uji coba. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas media yang dikembangkan adalah rating scale dengan skala 5. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui rata-rata skor validitas media. Rata-rata skor validitas media video pembelajaran berbasis demonstrasi dari segi ahli materi sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, dari segi ahli media sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik, dari segi praktisi sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik dan dari segi respon siswa sebesar 97% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa video pembelajaran berbasis demonstrasi pada muatan IPA materi gerak benda kelas III sekolah dasar dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Demonstrasi, Gerak Benda
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Devi Damayanti
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:45
Last Modified: 19 Jul 2022 02:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item View Item