Kurniawan, Feri (2022) P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N P R O B L E M BA S E D I N S T R U C T I O N ( P B I ) T E R H A D A P H A S I L B E L A J A R S E R V I S P E N D E K B U L U T A N G K I S P A D A P E S E R T A D I D I K K E L A S X I M A M A Z R A ’ A T U L U L U M P A C I R A N T A H U N A J A R 2 0 2 1 - 2 0 2 2. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1716011059-COVER.pdf Download (465kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1716011059-ABSTRAK.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1716011059-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1716011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011059-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1716011059-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik merupakan tolak ukur pemahaman peserta didik terhadap suatu materi yang telah diberikan oleh para pengajar. Adapun yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian dan menysusun skripsi ini didasarkan hasil observasi dan wawancara penulis pada pengajar atau guru PJOK di MA Mazra’atul Ulum paciran ditemukan bahwasannya rendahnya hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PJOK khususnya materiservis pendek bulutangkis sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction(PBI) Terhadap Hasil Belajar Servis Pendek Bulutangkis Peserta Didik kelas XI MA Mazra’atul Ulum Paciran Tahun Ajar 2021-2022” yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar servis pendek bulutangkis peserta didik menggunakan metode PBI. Peneliti melakukan penelitian di MA Mazra’atul Ulum Paciran dengan sampel peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 25 orang dan kegiatan penelitian dimulai pada tanggal 21 September 2021-12 Oktober 2021 yang dilakukan secara Luring atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan penelitian ini terdiri dari pre-test pengetahuan,pre-test keterampilan, pemberian tindakan 6 kali tatap muka, post-test pengetahuan dan pos- test keterampilan. Adapun metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design yaitu melakukan uji awal(sebelum diberikan perlakuan) dan uji akhir(setelah diberi perlakuan). Penulis mengolah data dengan cara melakukan uji noormalitas,ujia validitas,uji realibitas,dan uji t(simple paired t- test) untuk mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan peneliti yaitu pengaruh penerapan model PBI terhadap hasil belajar servis pendek bulutangkis pada pesertadidik kelas XI MA Mazra’atul Ulum Paciran. Adapun hasil yang diperoleh nilai rata-rata pre-test pengetahuan sebesar 33,52 dan nilai post-test pengetahuan sebesar 51,28 sedangkan nilai pre-test keterampilan sebesar 7,32 dan nilai rata-rata post-test sebesar 10,08. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kenaikan nilai hasil belajar peserta didikyang dapat dikatakan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan yaitu model pembelajaran PBI terhadap hasil belajar servis pendek bulutangkis peserta didik kelas XI MA Mazra’atul Ulum Paciran tahun ajar 2021- 2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran,PBI,Hasil belajar,servis pendek bulutangkis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Feri Kurniawan |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11701 |
Actions (login required)
View Item |