Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Garis dan sudut Untuk Siswa SMPLB Tunarungu Kelas VII

Dwiantara, I Kadek (2022) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dengan Pendekatan Multi Representasi Pada Materi Garis dan sudut Untuk Siswa SMPLB Tunarungu Kelas VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011003-ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1513011003-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1513011003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1513011003-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
1513011003-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1513011003-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011003-LAMPIRAN.pdf

Download (426kB)

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan ketika akan membelajarkan materi garis dan sudut siswa yang mengalami keterbatasan, salah satunya keterbatasan dalam pendengaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru yaitu dengan memberikan suatu alat bantu dalam pembelajaran. Pembuatan alat bantu pembelajaran bertujuan untuk mengakomodasi siswa tunarungu dalam keterbatasanya pada pendengaran. Dalam pembuatan alat bantu tersebut, tentunya harus mengamati bagaimana seorang anak tunarungu menyerap informasi, hal-hal yang dapat menghambat, atau yang justru memacu siswa agar tertarik menggunakan alat bantu tersebut. Pendekatan multi representasi dipilih karena dapat membantu siswa menemukan konsep dari materi garis dan sudut dalam beberapa cara, sehingga akan menarik minat siswa untuk belajar mandiri dan membuat siswa tidak mudah bosan saat menggunakan alat bantu pembelajaran. Dalam pengembangannya, alat bantu menerapkan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar telah memenuhi kriteria valid. Sehingga bahan ajar interaktif yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang layak dan baik. Selanjutnya bahan ajar ini perlu dilakukan uji terbatas untuk menguji kepraktisan dan keefektifannya serta uji lapangan yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, alat bantu pembelajaran, garis dan sudut, tunarungu.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Kadek Dwiantara
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:29
Last Modified: 22 Jul 2022 02:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item