Kristianingsih, Ni Kadek Santa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BALI PADA MATERI TEKS FIKSI KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031055-COVER.pdf Download (367kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031055-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031055-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis penelitian pengembangan yang di rancang untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital pada materi teks fiksi kelas 4 sekolah dasar yang valid dan praktis. Media yang digunakan oleh guru hanya sebatas gambar pada buku teks. Hal ini menimbulkan rasa bosan siswa dalam belajar dan berimbas pada kurang pemahaman siswa dalam mencermati unsur intrinsik dalam sebuah cerita teks fiksi. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran komik digital bermuatan kearifan lokal Bali pada materi teks fiksi itu kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE sebagai model penelitian pengembangannya, yang terdiri atas lima tahapan dalam proses pengembangannya yaitu, analyze (analisis), design ( perencanaan), development (pengembangan), implementation ( implementasi) dan evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tiga tahapan yaitu analisis, desain, dan pengembangan karena terhalang waktu dalam kegiatannya. Penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale 1-4 sebagai sarana pengumpulan data yaitu lembar penilaian yang diujikan oleh dua ahli materi, dua ahli media, dua ahli praktisi dan 10 orang siswa untuk mengetahui validitas serta kepraktisan media pembelajaran komik digital bermuatan kearifan lokal Bali pada materi teks fiksi tema 8 subtema 1 kelas 4 sekolah dasar. Data analisis media komik digital bermuatan kearifan lokal Bali pada materi teks fiksi kelas 4 sekolah dasar menggunakan validitas indeks aiken untuk validitas dan menggunakan persentase untuk kepraktisan media pembelajaran komik digital bermuatan kearifan lokal Bali. Berdasarkan hasil penelitian, 0,92 merupakan skor yang diperoleh dari ahli media dengan kategori sangat baik. 0,98 merupakan skor yang diperoleh dari ahli materi media pembelajaran dengan kategori sangat baik. 0,97 merupakan persentase yang diperoleh ahli praktisi dengan kualifikasi sangat praktis serta 0,94 diperoleh dari hasil respon siswa dengan kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Bermuatan Kearifan Lokal Bali Pada Materi Teks Fiksi Kelas 4 Sekolah Dasar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran komik digital, Kearifan lokal Bali, Teks fiksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Santa Kristianingsih |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:50 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11805 |
Actions (login required)
View Item |