Nengsih, Diana Ratna (2022) Komparasi Model Pembelajaran TripleChem dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Topik Larutan Penyangga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513031035-COVER.pdf Download (636kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513031035-ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513031035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513031035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513031035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513031035-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia pada ranah kognitif antara siswa yang belajar dengan mengikuti model pembelajaran TripleChem dan siswa yang mengikuti model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kuta tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas kelas kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kuta yang terdiri atas kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5, XI IPA 6, dan XI IPA 7. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster sampling. Dua kelas yang terpilih yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Siswa di kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan model pembelajaran TripleChem dan siswa di kelas eksperimen 2 dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning. Data hasil belajar kimia siswa dikumpulkan dengan cara testing menggunakan tes hasil belajar yang sudah divalidasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif hasil belajar kimia siswa dideskripsikan berupa skor rata-rata dan distribusi hasil belajar siswa. Analisis inferensial hasil belajar kimia siswa menggunakan analisis statistik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TripleChem dan model pembelajaran discovery learning di kelas XI SMAN 1 Kuta. Skor rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen 1 (83,41) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas eksperimen 2 (76,57).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran triplechem, discovery learning, hasil belajar kimia siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Diana Ratna Nengsih |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11920 |
Actions (login required)
View Item |